Melon Golden

Kastara.ID, Jakarta – Penjabat Sekda DKI Jakarta, Sri Haryati memimpin kegiatan panen melon jenis golden di Agro Wisata Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (6/1).

Kegiatan panen melon tersebut juga diikuti oleh sejumlah pejabat terkait, di antaranya Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar dan Plt Kadis KPKP DKI Suharini Eliyawati.

Kemudian Kepala UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) DKI Ali Nurdin, Camat Cipayung Fajar Eko Satrio, Lurah Cilangkap Nasir Sugiar, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Sri Haryati mengatakan, Dinas KPKP DKI mengatakan, panen melon dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Hasilnya, hari ini kami berhasil memanen sebanyak seribu melon jenis golden dengan berat berkisar 1,3 hingga 1,5 kilogram perbuah,” kata Sri Haryati, Rabu (6/1).

Ia menjelaskan, Dinas KPKP DKI saat ini telah melakukan kolaborasi dengan Kementerian Pertanian RI dalam pengembangan agro edu wisata.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengembangkan usaha pertanian yang sangat menarik dan bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk pariwiaata dan edukasi.

“Oleh sebab itu, konsep pertanian perkotaan di Jakarta harus berbeda. Salah satunya, unsur teknologi harus masuk sehingga walau lahan sempit bisa menghasilkan produk yang sangat baik serta bisa untuk pengembangan usaha pertanian, pariwisata dan edukasi” jelas Sri.

Sementara Kepala UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman, Dinas KPKP  DKI Jakarta, Ali Nurdin menuturkan, melon berwarna kuning keemasan itu ditanam selama lebih kurang 72 hari.

“Selanjutnya, seluruh hasil panen ini akan dijual pada distributor yang sudah menjadi mitra dengan harga jual Rp 12 ribu per kilogram,” tuturnya.

Menurutnya, seluruh melon yang ada ditanam dengan sistem hidroponik ini diminati masyarakat. Sebab rasanya renyah atau krispi dan kadar gulannya juga sudah diatur sesuai dengan perlakuan penggunaan unsur mikro dari nutrisi tanaman.

“Sehingga warga yang mempunyai keluhan penyakit diabetes tak perlu khawatir karena kadar gula melon ini hanya sekitar 12,5 sampai 13 gram,” tandasnya. (hop)