Lyudmila Georgievna Vorobieva

Kastara.ID, Jakarta – Rusia berencana bakal menggelar latihan militer perdana bersama Indonesia dengan melibatkan angkatan laut kedua negara.

Duta Besar Rusia di Jakarta, Lyudmila Georgievna Vorobieva, mengkonfirmasi kabar tersebut dan mengatakan latihan perang itu digagas sebagai penguatan kerja sama pertahanan kedua negara di usia 70 tahun hubungan bilateral.

“Lebih dari 40 event direncanakan berlangsung tahun ini terutama dalam konteks kerja sama militer Indonesia-Rusia. Sebagai contoh, kami berharap latihan militer perdana Indonesia-Rusia akan berlangsung tahun ini,” kata Vorobieva seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

Vorobieva menuturkan, latihan militer itu akan melibatkan angkatan laut Indonesia dan Rusia. Sejumlah kapal perang Rusia akan berkunjung dan berlatih di perairan Indonesia. Namun, belum dijelaskan secara detail kapan dan di mana latihan perang itu berlangsung.

Selain latihan militer antara kedua negara, Vorobieva mengungkapkan bahwa Rusia berencana menggelar latihan militer bersama dengan ASEAN. Rusia, akan memberikan beasiswa bagi personel TNI untuk berlatih di situs pendidikan militer mereka.

Untuk diketahui, kedekatan kerja sama pertahanan kedua negara, ucap Vorobieva, juga terlihat dari lawatan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto baru-baru ini ke Moskow untuk bertemu Menhan Rusia Jenderal Sergei Shoigu.

Terkait perjanjian kemitraan, Vorobieva berharap deklarasi kemitraan strategis antara RI-Rusia bisa diteken tahun ini. (ant)