Suzuki Ecstar 2020

Kastara.ID, Sepang – Tim Suzuki Ecstar MotoGP hari ini telah sukses memperkenalkan livery atau corak baru pada motor MotoGP mereka, bersama dengan kedua pembalap andalan, Alex Rins dan Joan Mir.

Livery versi 2020 ini desainnya benar-benar baru pada pemepatan warna dan sangat terlihat perbedaan besar dari versi 2019. Sekali lagi tim ini tampil dengan nama resmi Suzuki Ecstar, yang terpampang jelas di samping motor dengan warna latar abu-abu.

Baik Rins maupun Mir akan habis masa kontranya di akhir musim 2020 ini, namun besar kemungkinan kedua pembalap Spanyol ini akan tetap bersama Suzuki di periode 2021 dan 2022.

Monster Energy Yamaha MotoGP2020

Sementara Tim pabrikan Monster Energy Yamaha MotoGP juga sukses meluncurkan corak baru Yamaha M1 2020 di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Kedua pembalap mereka, Valentino Rossi dan Maverick Vinales tampil dengan livery yang hampir sama dengan musim lalu, motor mereka masih didominasi oleh warna biru hitam, dan tentu saja ada sentuhan khas Monster Energy sebagai sponsor utama.

Kehadiran test rider Yamaha, Jorge Lorenzo, turut menemani Rossi saat peluncuran tim mereka.

Musim 2020 ini menjadi momen yang sangat penting bagi Rossi, karena ini adalah tahun terakhir ia bersama tim pabrikan Yamaha. Sementara Vinales sudah diikat kontrak baru sampai akhir 2022 mendatang.

Petronas Yamaha Sepang Racing Team

Sedangkan Tim satelit Petronas Yamaha Sepang Racing Team meluncurkan motor baru mereka sesaat setelah tim pabrikan Yamaha melakukan hal serupa, yang berlangsung di sirkuit Sepang, Malaysia.

Dibanding tim pabrikan, tim Satelit Petronas Yamaha SRT tampil dengan corak yang benar-benar baru. Kedua pembalap mereka, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo, juga tampil dengan baju balap yang jauh lebih hidup dan segar ketimbang sebelumnya.

Ini menjadi musim terakhir bagi Quartararo di tim asal Malaysia itu, karena mulai tahun depan ia mendapat promosi membela tim utama Yamaha, menggantikan Valentino Rossi. Sementara kontrak Morbidelli masih belum dibahas sejauh ini untuk periode setelah 2020.

Musim MotoGP 2020 menjadi tahun kedua tim Petronas Yamaha SRT tampil di kelas utama MotoGP. Kedua pembalap mereka akan mendapat motor dengan spek yang sama, yakni pabrikan spek-A.

Sebelumnya hanya Morbidelli yang mendapat dukungan teknis ini, tapi sekarang Quartararo juga akan mendapat paket yang sama. (tra)