Kastara.ID,Depok – Bulan Ramadhan sudah dekat ,Untuk itu  Pemerintah Kota (Pemkot) Depok  memantau perkembangan pasokan dan harga pangan di lapangan.Ketua Harian Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Depok  Supian Suri, memastikan pasokan pangan aman dan harga masih terjangkau.

“Tadi kita sudah diskusi, terkait bagaimana langkah antisipasi menjelang ramadhan dan lebaran. Karena, secara historis ada kenaikan harga dan kekhawatiran kelangkaan pasokan,” katanya, di Balaikota Depok, Selasa (5/3).

Masih kata Supian, dari dua hal diskusi panjang , berkat dukungan Forkopimda yakni dari Polres, menyampaikan stok dan distribusi pangan kita aman dan masih terjangkau.

Supian Menjelaskan ,“Informasi ini yang harus kita sampaikan kepada masyarakat, stok aman dan harga masih terjangkau. Informasi itu kita dapatkan dari diskusi tadi dan pemantauan yang terjadi di lapangan hari ini,”.

Untu itu  pengendalian inflasi agar terus terjaga, Pemkot Depok akan melaksanakan sejumlah program, melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) dan bantuan pangan yang Pemkot turunkan.

“Dan program lainnya yang kita monitor di lapangan. Salah satu upaya dari kita yakni, dengan menggelar pasar murah di setiap Kelurahan, yang akan kita jalankan sampai Minggu ketiga bulan ramadhan,” paparnya.

Supian Suri mengatakan, upaya antisipasi kenaikan inflasi, Pemkot punya program yang akan di jalankan, seperti meningkatkan daya beli masyarakat dan ketersediaan pasokan pangan.

“Kita mengharapkan, dengan jumlah pangan yang cukup, tidak akan terjadi kenaikan harga yang tinggi, sehingga daya beli masyarakat cukup terjangkau,” ungkapnya.

Supian mengemukakan, hasil rapat tadi, Kawasan Pangan Nasional (KPN) memberi arahan agar penyerapan Tunjangan Hari Raya (THR) ASN Pemkot maupun dari perusahaan yang  ada di Depok, bisa lebih awal diserap.

Minimal H -10, tambahnya, THR sudah bisa diserap, sehingga ada perputaran ekonomi, supaya daya beli masyarakat cukup dengan adanya ketersediaan THR itu sendiri

“Ini hal yang jadi konsen kita, ditambah program-program yang akan kita jalankan ke depan,” ungkap Sekda.

Supian mangaku, sampai sekarang laju inflasi saat ini masih terkendali. Itu terjadi, lantaran upaya kebersamaan dalam menekan laju inflasi di Kota Depok.

“Ini bukan cita-cita, namun istilahnya dengan kebersamaan, kerja-kerja kita, mudah-mudahan kita dapat apresiasi juga terhadap pengendalian laju inflasi, seperti tahun sebelumnya,” tutupnya.