Papua

Kastara.ID, Jakarta – TNI menegaskan kembali kesiapan menjaga keamanan di wilayah Papua. Bahkan TNI siap menerjunkan 400 personel Pasukan Setan guna mengamankan kondisi dan situasi di provinsi paling timur Indonesia itu. Penegasan tersebut disampaikan Asisten Operasi Kodam II Sriwijaya Kolonel Inf. Willy Brodus Yos Rohadi saat memberikan keterangannya (5/5).

Willy menerangkan Pasukan Setan adalah personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) dari Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda. Penerjunan Pasukan Setan dilakukan setelah Organisasi Papua Merdeka (OPM) dinyatakan sebagai kelompok teroris. Sebelumnya, OPM disebut sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB)

Namun hingga saat ini Pasukan Setan masih belum mendarat di Papua. Willy mengatakan, pihaknya masih menunggu instruksi langsung dari Mabes TNI. Willy menegaskan, kapan pun perintah Mabes TNI turun, Pasukan Setan akan langsung bergerak menuju Papua.

Willy menjelaskan, penanganan terhadap kelompok teroris Papua akan dilakukam sesuai instruksi Kodam di Papua. Nantinya Pasukan Setan akan bergabung dengan prajurit TNI lain yang berada di Papua. Willy menyebut Pasukan Setan akan menjadi Bawah Kendali Operasi (BKO) Kodam di Papua.

Sementara pihak OPM mengaku tidak gentar dengan rencana TNI menerjunkan Pasukan Setan. Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom bahkan mempersilakan Pasukan Setan datang ke Papua.

Saat memberikan keterangan tertulis, yang dikutip dari cnnindonesia.com (5/5), Sebby menegaskan pihaknya sudah menyiapkan pasukan guna menghadapi Pasukan Setan TNI. Sebby menyebut pasukan itu bernama Tentara Surgawi.

Sebby menegaskan, semua pimpinan dan anggota Papua Merdeka sudah mendeklarasikan kemerdekaan dari Indonesia. Itulah sebabnya semua anggota OPM siap melawan Indonesia. Sebby menyatakan, sayap militer OPM, TPNPB siap berperang menghadapi TNI.

Sebby memastikan pihaknya tidak akan menyerah meski Indonesia mengerahkan ribuan personel TNI dengan senjata lengkap. Motto TPNPB menurut Sebby adalah satu pucuk senjata lawan seribu pucuk senjata, jadi apapun kondisinya kami tetap berjuang. (ant)