Uji Emisi

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan direncanakan akan bertolak ke Denmark pada Oktober 2019. Kepergian Anies untuk menghadiri pertemuan Global C40 Mayors’ Summit di Kopenhagen, Denmark, 10-12 Oktober 2019. Selain itu Anies juga akan mempelajari cara menangani masalah lingkungan terutama polusi udara.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta Muhammad Mawardi membenarkan rencana tersebut. Saat berbicara, Jumat (6/9), Mawardi mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah mengumpulkan bahan-bahan yang bakal dibawa Anies ke pertemuan tersebut. Selain itu menurut Mawardi, pihaknya juga masih mengurus perizinan dari pemerintah pusat. Itulah sebabnya Mawardi mengaku tidak bisa memberikan keterangan lebih rinci terkait kepergian Anies ke Denmark.

Sebelumnya melalui akun instagramnya, Anies Baswedan mengatakan akan berkunjung ke negara skandinavia itu. Dalam postingan yang diunggah pada Rabu (4/9), Anies menjelaskan pertemuan tersebut dapat menjadi ajang kota-kota dunia untuk berbagi pengalaman dalam menangani masalah iklim, lingkungan, dan perbaikan kualitas udara.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut dalam pertemuan tersebut akan ada diskusi yang membahas langkah-langkah strategis untuk mengatasi masalah lingkungan. Langkah ini bisa menjadi contoh dan memberikan efek tular bagi warga Jakarta agar lebih peduli terhadap permasalahan lingkungan, termasuk persoalan perbaikan kualitas udara.

Seperti diketahui, kualitas udara di Jakarta memburuk dalam beberapa saat terakhir. Situs AirVisual mencatat, pada Jumat (6/9) pukul 10.47, kualitas udara Jakarta terburuk kedua di dunia. Indonesia menempati peringkat 171. Jakarta hanya unggul dari Hanoi, Vietnam, yang menduduki peringkat 174 atau menjadi yang terburuk di dunia. (hop)