MotoGP Thailand 2019

Kastara.ID, Buriram – Tiga pembalap Valentino Rossi, Fabio Quartararo, dan Marc Marquez terjatuh di Tikungan 5 sirkuit Buriram saat sesi Kualifikasi MotoGP Thailand, kemarin (5/10).

Meski demikian, Quartararo masih mampu meraih posisi start terdepan. Sementara Marquez berada di posisi start ketiga. Sedangkan Rossi yang terjatuh di putaran awal belum sempat mencetak lap cepat.

Terjatuhnya Marquez disebut kecelakaannya karena masalah rem. “Saya senang dengan akhir pekan pekan ini, sayangnya saya jatuh di Latihan Bebas pertama. Itulah sebabnya saya merasa sakit hari ini (saat Kualifikasi), tapi tidak ada masalah dan tidak ada alasan untuk hari ini atau besok. Saya masih bisa berkendara dengan normal,” kata Marquez seperti dilansir Motorsport-Total.

“Kami bekerja keras di FP4, tapi sayangnya saya jatuh di Kualifikasi. Daya cengkeramnya baik-baik saja, tapi saya punya belokan yang goyah di tikungan 4. Ketika saya berada di tikungan 5, kemudian ada masalah dengan rem, jadi saya tidak punya efek pengereman yang biasa, akhirnya saya jatuh,” paparnya.

Berbeda dengan Rossi yang jatuh di awal sesi, Marquez justru terjatuh di menit akhir saat mengejar raihan waktu terakhir sebelum sesi dibubarkan. “Itu usaha terakhir dan saya melaju dengan waktu terbaik, saya mencobanya, dan saya sudah tahu pada titik pengereman bahwa ada peluang bagus untuk meningkat. Tapi benjolan di lintasan bukan masalahnya, itu adalah kesalahan saya,” ungkapnya.

Menghadapi MotoGP Thailand hari ini, Marquez punya peluang pertama untuk mengamankan gelar. “Kami menjalani akhir pekan seperti akhir pekan yang normal, bekerja keras, dan mendorong untuk mempersiapkan balapan sehingga kami dapat berjuang untuk kemenangan,” ujarnya.

Marquez juga mengakui kalau dirinya memperhatikan dua pembalap Yamaha yang ada di depannya, Quartararo dan Maverick Vinales.

“Kami tahu kedua orang ini akan berusaha keras, yang satu ingin merayakan kemenangan pertamanya dan yang satunya ingin kembali ke atas. Tapi itu bukan tujuan utama kami, saya ingin berada di podium lagi, yang terbaik adalah saya finis di depan Dovi,” Marquez. (lan)