Saluran Phb

Kastara.ID, Jakarta – Pembangunan saluran penghubung (Phb) dan crossing di Jalam I Gusti Ngurah Rai Klender, Jakarta Timur, yang dikerjakan sejak awal Oktober 2021 lalu, ditargetkan selesai pada pekan depan. Saat ini progres pekerjaan sudah mencapai 98 persen.

Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengaku, proses penyelesaian pembangunan saluran Phb dan crossing saluran air di Jalan I Gusti Ngurah Rai ini mengalami keterlambatan. Pemicunya karena cuaca yang sering diguyur hujan deras dan banyaknya jaringan utilitas di lokasi pekerjaan.

“Proses pekerjaan saat ini tinggal menghubungkan crossing dengan saluran Phb Jalan I Gusti Ngurah Rai. Ada enam meter di dua titik crossing yang harus diselesaikan agar terkoneksi dengan saluran Phb Jalan I Gusti Ngurah Rai,” papar Saugi, usai rapat monitoring dan evaluasi yang dipimpin Asisten Ekbang, Kusmanto di kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jumat (7/1).

Saugi menambahkan, mulai pukul 21.00 nanti malam, rencananya dua ruas jalur reguler di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang sebelumnya ditutup, akan dibuka kembali agar bisa dilintasi kendaraan umum dan bus Transjakarta. Selanjutnya, jalur transjakrta akan ditutup lantaran ada pekerjaan lanjutan menghubungkan antara crossing dengan saluran Phb I Gusti Ngurah Rai tersebut.

“Penutupan jalur Transjakarta dilakukan agar pembuatan konekting crossing ke saluran Phb ini berjalan lancar. Proses pekerjaan konekting crossing ini ditargetkan selesai Selasa (11/1) pekan depan,” ungkap Saugi.

Diharapkan, pada Rabu (12/1) pagi, jalur Transjakarta dan reguler di lokasi ini bisa dibuka kembali, sehingga arus lalu lintas normal seperti biasa. (hop)