Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – 17 orang warga negara Timor Leste yang sebelumnya ditolak di Bali, Indonesia, dievakuasi oleh pemerintah Selandia Baru dari Wuhan, China, kota sumber penyebaran virus corona.

Warga Timor Leste itu turut dievakuasi bersama sekitar 200 orang lainnya dari berbagai negara menggunakan pesawat Air New Zealand. Pesawat itu dilaporkan tiba di Auckland pada Rabu (5/2).

Kementerian Luar Negeri Selandia Baru menuturkan, selain warga Timor Leste, sebanyak 54 warganya, 44 penduduk tetap Selandia Baru berpaspor China, 23 warga Australia, 12 penduduk tetap Australia berpaspor China, dan delapan warga Inggris, ikut dievakuasi dalam pesawat itu.

Selain itu, 17 warga Papua Nugini, lima orang asal Samoa, empat orang dari Tonga, dua orang warga Fiji dan empat orang dari warga negara lainnya juga ikut dalam rombongan tersebut.

Sementara Kemlu Selandia Baru mengatakan, sejumlah staf kementeriannya dan Kementerian Kesehatan yang ikut menangani proses evakuasi juga akan dikarantina selama dua pekan.

Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters mengaku senang bisa membantu negara tetangga. Sejauh ini, tidak ada kasus virus corona terdeteksi di Selandia Baru meski sejumlah orang sudah diisolasi dan diobservasi sebagai antisipasi. (har)