COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan, mayoritas atau 69 persen di antara 356 korban meninggal akibat Covid-19 belum menerima dosis vaksinasi lengkap atau sama sekali.

Pernyataan tersebut disampaikan Menkes Budi dalam konferensi pers secara online selepas rapat terbatas evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (7/2).

“Kemudian, dari 58 orang yang saat ini masih dirawat dengan kondisi berat, kritis dan menggunakan ventilator, itu 60 persen belum vaksin lengkap atau sama sekali,” ungkap Menkes Budi.

Pada kesempatan yang sama, Menkes Budi juga terus mengimbau kepada masyarakat untuk segera melengkapi dosis vaksinasi Covid-19. Utamanya kelompok rentan seperti orang lanjut usia.

“Terutama untuk lansia, harus segera divaksin dan yang belum dua kali cepat segera lengkapi. Karena ini penting sekali buat melindungi mereka,” tuturnya.

Lebih jauh Budi menjelaskan, sejak Indonesia memasuki gelombang varian Omicron sejauh ini sudah ada tiga provinsi yang jumlah kasusnya melebihi puncak ketika gelombang varian Delta tahun lalu. Tiga provinsi itu adalah DKI Jakarta, Banten, dan Bali.

Sementara Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya menyebut pemerintah memutuskan menaikkan level PPKM untuk Jabodetabek, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bandung Raya dan Bali ke level 3.

“Hal ini terjadi bukan karena tingginya kasus,” ujar Luhut.

Dia mengatakan, kenaikan level itu lebih disebabkan karena rendahnya pelacakan atau tracing di daerah-daerah tersebut. Di Bali, kata dia, PPKM juga naik ke level 3, salah satunya disebabkan oleh rawat inap yang meningkat. (ant)