Soekarno Hatta

Kastara.ID, Jakarta – Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akhirnya buka suara soal kedatangan ratusan warga negara asing (WNA) asal China. Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara dalam keterangannya (6/5) mengakui kehadiran WNA China.

Arya merinci, terdapat 85 WNA China dan 3 warga negara Indonesia (WNI). Mereka tiba pada Selasa 4 Mei 2021, jam 14.55 WIB di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta. Para WNA China itu datang menggunakan pesawat China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ8353. Pesawat carteran itu terbang dari Shenzhen, China.

Arya menegaskan, kehadiran WNA China sudah sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020. Selain itu para WNA China menurut Arya, sudah melakukan pemeriksaan protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku. Meski demikian, Arya tidak bisa memastikan ke mana tujuan kehadiran para WNA China itu.

Sebelumnya di media sosial (medsos) beredar video yang memperlihatkan kedatangan ratusan WNA China. Video tersebut direkam pada Selasa 4 Mei 2021 pukul 15.30 WIB di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Dalam video tersebut, puluhan WNA China yang mayoritas pria, terlihat membawa banyak barang bergerombol di pinggir jalan menunggu jemputan. Tak berapa lama, puluhan WNA China itu dijemput menggunakan bus besar lalu pergi.

Kedatangan WNA tersebut langsung menuai kecaman publik. Pasalnya kehadiran WNA China itu terjadi saat pemerintah gencar melakukan pengetatan warga bepergian ke luar kota. Pemerintah bahkan melarang masyarakat melakukan mudik Lebaran. Publik menuding pemerintah berbuat tidak adil dan lebih mementingkan WNA daripada warga sendiri. (ant)