Kastara.Id,Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mendatangkan mesin pengolah sampah skala lokal guna mengurangi sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, sebelum kejadian longsornya TPA Cipayung, Wali Kota Depok, Mohammad Idris sudah menginstruksikan untuk membuat pengolahan sampah di beberapa titik.

” Walikota sudah menginstruksikan untuk membuat beberapa titik pengelolaan sampah dengan metode mesin,” ucap Supian usai Apel Pagi di Balai Kota Depok.

Masih kata Supian , dengan mesin pengolah sampah skala lokal dapat mengurangi sampah yang masuk ke TPA Cipayung.

 Uji coba akan dilakukan pada tahun 2024. Kita harapkan bisa mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA Cipayung,” .

Pemkot Depok  mendapatkan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait mesin pengolah sampah. Mereka meminta Pemkot Depok menyediakan lahannya.

” InsyaAllah tahun ini bisa beroperasi di TPA Cipayung guna mengurangi sampah,”Selain itu, pengolahan bank sampah juga terus dimasifkan. ungkapnya.

Ditempat terpisah Kepala TPA Cipayung Ardan Kurniawan mengatakan,”Alhamdulillah, Pemkot Depok mendapatkan bantuan melalui program ISWMP. InsyaAllah akan dibangun tahun 2024, dan rencananya tahun 2025 mulai beroperasi,”

Masih kata Ardan , bantuan ini merupakan program berskala nasional yang bertujuan meningkatkan kinerja pengelolaan sampah yang beradaptasi dengan berbagai kondisi perkotaan yang berbeda di Indonesia. Tentunya, dengan menggunakan teknologi modern.

“Jadi, bukan mengenai pembuangan sampahnya, tetapi sampah yang sudah ada kita kelola menjadi sebuah energi  yang ramah lingkungan” katanya.

Menurut Ardan, pengelolaan sampah tidak semudah membalikan telapak tangan, sebab membutuhkan proses yang panjang. Tutupnya.