Depok

Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar Rapat Persiapan Lomba Posyandu dan Kader Posyandu Tingkat Kota di Aula Teratai Lantai 1, Gedung Balai Kota, Kamis (7/7). Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai persiapan lomba posyandu dan kader yang dilakukan sebagai upaya dalam mengoptimalkan peran keduanya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, posyandu memiliki arti yang sangat penting sebagai wadah pemberian pelayanan kesehatan. Dengan sasaran terbanyak diberikan kepada anak-anak.

“Posyandu dan kader telah banyak melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhan sasaran yang dapat berdampak pada peningkatan capaian kesehatan masyarakat,” tuturnya yang dilansir situs resmi Pemkot Depok.

Lebih lanjut, ujar Zakiah, sebagai salah satu upaya pembinaan posyandu maka Pokjanal Posyandu Tingkat Kota Depok mengadakan lomba posyandu dan kader posyandu tingkat kota. Lomba ini sebagai upaya tidak langsung, meningkatkan kegiatan balita di posyandu, meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan para kadernya.

Selain itu, sambungnya, melalui lomba ini, dapat meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat dalam pentingnya Posyandu. Yakni untuk peningkatan gizi dan derajat kesehatan.

“Selayaknya, posyandu maupun kadernya diberikan apresiasi, khususnya bagi yang memiliki kreasi kegiatan dalam mendukung program pemerintah,” tambahnya.

Untuk diketahui, dalam rapat persiapan ini membahas petunjuk teknis dan panduan persiapan lomba.

Adapun pelaksanaan lomba secara berjenjang. Dimulai dari tingkat kecamatan, hingga tingkat provinsi dan nasional. Untuk di Kota Depok, lomba akan dimulai pada 25 Juli mendatang. (dha)