Yoory C Pinontoan

Kastara.ID, Jakarta – Perumda Pembangunan Sarana Jaya, mengadakan sayembara desain pembangunan prasarana dan sarana ruang  publik di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan, sayembara ini untuk menghimpun ide gagasan dan konsep rancangan dalam melaksanakan pembangunan fasilitas sarana dan prasarana ruang publik kawasan Bundaran HI.

Menurutnya, sejarah morfologi terbentukmya Bundaran HI ini sangat menarik untuk dijadikan narasi dalam rangka mendukung destinasi pariwisata. Di sisi lain, kondisi kawasan ini belum sepenuhnya didukung aksesbilitas, kenyamanan, dan keamanan bagi publik.

“Rancangan desain harus mempertimbangkan sejarah kawasan kualitas visual yang terjaga baik dari segala arah dan dapat memberikan aksentuasi terhadap Monumen Selamat Datang,” ujarnya, Senin (7/10).

Waktu untuk pendaftaran dan masuknya berkas administrasi sayembara, mulai dibuka pada 4 hingga 11 Oktober. Dilanjutkan pada 11 Desember balas pemasukan desain dan 13 Desember pengumuman peserta lolos nominasi.

“Presentasi karya desain serta penetapan dan pengumuman pemenang, akan dilakukan pada 30 dan 31 Januari 2020,” jelasnya.

Untuk pemenang pertama, lanjut Yoory, pihaknya menyiapkan hadiah uang sebesar Rp 225 juta, pemenang kedua Rp 100 juta, dan pemenang ketiga Rp 75 juta.

“Pemenang pertama akan ditunjuk sebagai arsitek kepala yang bertanggung jawab mengembangkan hingga menyusun dokumen teknis perencanaan,” tandasnya. (hop)