Anwar Ibrahim

Kastara.ID, Jakarta – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyatakan belum terpikir mengundurkan diri dari jabatannya sampai bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi negaranya.

Sebelumnya, dia pernah berjanji dalam kampanye akan menyerahkan kekuasaan kepada Presiden Partai Keadilan Rakyat, Anwar Ibrahim, dan tidak menyelesaikan masa jabatan.

Adapun persoalan yang dihadapi Malaysia saat ini adalah memburu dan mengambil kembali uang dari Satu Malaysia Development Berhad (1MDB) yang digelapkan oleh sejumlah orang, termasuk pakar keuangan sekaligus buronan Low Taek Jho alias Jho Low.

Selain itu, Mahathir juga menyatakan, praktik korupsi dalam sektor layanan publik di Malaysia masih marak.

Meski demikian, Mahathir menyatakan akan tetap menunaikan janjinya untuk mengalihkan kekuasaan kepada Anwar Ibrahim, yang dahulu menjadi seteru politik dan menyatakan harus berhati-hati memilih penerus karena belajar dari pengalaman sebelumnya.

Di lain sisi, pihak oposisi koalisi Barisan Nasional menyatakan akan mendesak pemilihan umum sela jika Mahathir tak kunjung menyerahkan kekuasaan kepada Anwar sesuai janji pada tahun depan. Dia beralasan rakyat Negeri Jiran justru sengsara hidup di bawah pemerintahan koalisi Pakatan Harapan. (sud)