Talkshow bertemakan Perempuan dan Keterbukaan Informasi, digelar di Aula Ibnu Rusyd dan dihadiri puluhan dosen, mahasiswa, dan santri Darunnajah.

Wakil Ketua KI DKI Jakarta, Luqman Hakim Arifin mengapresiasi sambutan baik dari seluruh civitas Universitas Darunnajah yang berperan aktif melakukan edukasi keterbukaan informasi sehingga berdampak bagi kemajuan akademika yang lebih baik dan maju.

“Langkah yang sangat penting sehingga memperkuat hubungan antara KI DKI Jakarta dan Universitas Darunnajah,” ujar Luqman Hakim Arifin, Selasa (7/11).

Ia mengungkapkan, pihaknya sangat konsen meningkatkan transparansi dan akuntabilitas Badan Publik di Provinsi DKI Jakarta sesuai amanah UU KIP 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sementara Rektor Universitas Darunnajah, Muchamad Hasan Darojat menyambut baik inisiatif kerja sama sinergi dalam mempromosikan nilai keterbukaan, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat.

“Diskusi ini penting untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman keterbukaan informasi publik serta wawasan berharga yang melahirkan ide inovatif untuk mendukung keterbukaan informasi publik di masyarakat,” jelasnya.

Ia menuturkan, Universitas Darunnajah berkomitmen menjadi agen perubahan dalam mendorong keterbukaan informasi publik guna menciptakan generasi yang kritis, terinformasi dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Akademisi Universitas Darunnajah, Farah Adiba, mengajak kaum perempuan untuk mengkampanyekan keterbukaan informasi publik melalui pemanfaatan kemudahan akses teknologi kekinian.

“Kaum perempuan turut serta mengkampanyekan keterbukaan informasi publik untuk membuahkan kebaikan bagi bangsa,” katanya.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Ai Maryati Solihah menambahkan, kondisi perempuan di tengah keterbukaan informasi selaras dengan UU KIP 14 Tahun 2008.

“Salah satu ujung tombak pembangunan, tidak adanya hambatan keadilan atas dasar jenis kelamin menikmati keterbukaan informasi publik,” tandasnya.

Sekadar diketahui, KI Goes To Campus ini disambut antusiasme peserta dengan paparan dan kuis dari beritajakarta, PPID Provinsi DKI Jakarta serta kuis KIP yang didukung BUMD Pasar Jaya dan PT Pembangunan Jaya Ancol. (hop)