Kastara.ID, Jakarta – Bisnis properti hunian sewa sementara seperti kos merupakan bisnis yang menarik dan disebut-sebut bisa memberikan passive income yang stabil. Meski begitu sebenarnya pengelolaan bisnis kos tidak sepenuhnya pasif, pemilik kos seringkali dipusingkan dengan isu-isu pemeliharaan bangunan, interior, fasilitas, pengelolaan tagihan, pengelolaan uang operasional dan pengelolaan penjaga
serta standar layanannya. Berangkat dari permasalahan yang dihadapi pemilik kos
sebagai mitra, Mamikos mendirikan layanan pengelolaan kos Singgahsini yang dapat membantu Mitra Mamikos mengelola properti sehingga dapat menaikkan nilai properti nya.

Singgahsini adalah wajah baru dari Mamirooms yang merupakan anak brand Mamikos. Transformasi Mamirooms menjadi Singgahsini adalah salah satu bukti keseriusan Mamikos yang fokus membantu transformasi bisnis kos Mitra Mamikos menjadi bisnis lebih profesional. Sejak diluncurkan pada bulan Januari 2019, kos Singgahsini telah tersebar di Jabodetabek, Bandung dan Jatinangor, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Malang, dengan menawarkan sederet keuntungan bagi Mitra Mamikos dalam pengelolaan properti antara lain:
1. Pemasaran kamar paling maksimal dari sisi exposure dan kualitas listing Mamikos
oleh tim Singgahsini
2. Pemasaran visual maksimal mulai dari pengambilan Foto, Video, Virtual Tour 360
oleh Photographer profesional, video tour kos oleh MamiChecker
3. Standardisasi fasilitas dan re-touch/re-design kamar oleh tim Arsitek profesional
Singgahsini
4. Pre-conditioning fasilitas kamar sebelum masa penjualan
5. Pelatihan kepada operator atau penjaga kos dan pembuatan standard operating
procedure (SOP)
6. Perawatan, pembersihan aset kos, dan perbaikan kerusakan fasilitas selama
masa kerja sama
7. Pengelolaan balas-chat, penjadwalan survei, dan proses booking kos oleh tim
Sales & Billing Singgahsini
8. Pengelolaan pembayaran dan penagihan secara digital melalui aplikasi Mamikos
dibantu tim Sales & Billing Singgahsini
9. Penanganan komplain dan standar layanan oleh tim Hospitality Singgahsini
10. Laporan keuangan bulanan bisnis kos mitra Singgahsini

Co-founder dan CEO Mamikos, Maria Regina Anggit, mengatakan, layanan
Singgahsini menyediakan pengelolaan properti end-to-end sehingga Mitra Mamikos tidak perlu khawatir mengenai operasional bisnis propertinya. “Kami ingin membantu Mitra agar tetap bisa menjadi bapak atau ibu kos yang memberikan layanan terbaik bagi penghuninya di tengah kesibukannya. Selain itu kami juga ingin membantu mitra untuk memenuhi dan mempertahankan okupansi bisnis kosnya sehingga bisnis kos mitra bisa terus maju dan berkembang,” katanya.

Sejak 3-4 bulan mitra bergabung, Singgahsini berhasil memaksimalkan okupansi mitra hingga angka 70-100% dan mempertahankannya hingga bulan-bulan berikutnya. Angka tersebut pun bertahan di masa pandemi. Rata-rata sejak
bulan pertama bergabung, kos Singgahsini menarik 100 peminat potensial. “Tidak hanya menguntungkan bagi Mitra Mamikos, para pencari kos yang menginginkan hunian eksklusif yang nyaman dengan fasilitas lengkap dapat terpenuhi melalui layanan Singgahsini,” ungkapnya.

Layanan dan Properti Kos Singgahsini mengedepankan nilai smart, comfy, stylish untuk penghuninya.
1. Smart, menggunakan teknologi digital untuk membantu penghuni mengelola kontrak sewanya, tagihan dan kehidupan ngekosnya lebih rapi dan mudah, smart dalam penataan interior memanfaatkan ruang kamar kos yang terbatas, kemudian memberikan layanan seperti kebersihan dan laundry supaya penghuni bisa memanfaatkan waktunya dengan lebih smart untuk lebih produktif belajar maupun bekerja.
2. Comfy, Singgahsini memastikan kondisi fasilitas, bangunan, dan layanan baik ketika baru ditempati maupun ketika sudah berjalan selalu nyaman
bagi penghuni.
3. Stylish, Interior dengan design stylish yang membuat penghuni bangga akan kamar kosnya dan makin betah.

Ke depannya, Singgahsini akan memperluas jaringannya hingga ke seluruh Indonesia untuk membantu lebih banyak Mitra Mamikos dalam memaksimalkan potensi pendapatannya dan memberikan hunian eksklusif yang nyaman bagi pencari kos.

Mitra Mamikos Makin Berkembang

Daniel (44), pemilik kos Singgahsini BSD di Tangerang bergabung dengan Singgahsini sejak November 2019. Sebagai wiraswasta, banyak kesibukan dan belum terlalu paham dalam mengelola kos
menjadi alasannya untuk bergabung dengan Singgahsini. Menurutnya, Singgahsini senantiasa membantu melalui pemasaran, pengelolaan kamar, hingga standarisasi interior, fasilitas, operator, pelayanan, serta teknologi pembayaran.

Sebelum bergabung dengan Singgahsini, Daniel merasa kewalahan dalam mengelola serta bingung menagih
pembayaran uang sewa kos yang berbeda-beda tanggal jatuh temponya. Dengan hadirnya Singgahsini, Daniel merasa mudah, efektif, dan efisien dalam pengelolaannya. Bahkan Daniel merasa beruntung bergabung dengan Singgahsini karena dalam waktu kurang lebih 3 bulan kamar kosnya penuh 100% meskipun sedang dalam masa pandemi.

Daniel berharap, ke depannya Singgahsini semakin berkembang karena sangat
membantu pemilik kos seperti dirinya.
Di masa Pandemi, untuk mendukung mitra agar properti kosnya tetap aman dan diminati oleh calon penghuni, Singgahsini juga memiliki program Kos SEHAT yang merupakan salah satu upaya untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan mulai dari penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di depan kos, cek suhu, edukasi untuk penggunaan masker bagi calon penghuni yang survei maupun yang sudah menetap, jaga jarak, penggunaan masker, pembersihan rutin dan penyemprotan disinfektan rutin, dan tersedia sanitasi kit.

“Hadirnya Singgahsini diharapkan dapat memberikan layanan auto-pilot dalam
pengelolaan kos, membuat bisnis kosnya stabil dan lancar serta membuka potensi bagi Mitra Mamikos untuk terus mengembangkan bisnis kosnya. Dan tentunya dengan traffic Mamikos yang dominan di pasar pencari kos dan jutaan peminat kos yang mencari kos
di Mamikos setiap bulannya, Singgahsini pun bisa memberikan layanan pemenuhan
okupansi terbaik bagi mitra,” tutup Anggit. (mar)