Musrenbang

Kastara.ID, Depok – Musrenbang Kecamatan Sawangan yang dibuka Kepala Badan (Kaban) Bappeda Depok Dadang Wihana dengan nara sumber Nessi Annisa Handari dan Citra Indah Yulianty yang dihadiri sembilan anggota Dewan DPRD Depok daerah pemilihan Sawangan, Bojongsari, dan Cipayung, serta seluruh lurah se-Kecamatan Sawangan, Ketua LPM, dan tokoh masyarakat, berlangsung di aula kantor Kecamatan Sawangan, Selasa (8/2).

Dalam pidato singkatnya Dadang Wihana mengatakan, dalam musrenbang tingkat kecamatan ini sangat penting untuk mensinkronkan usulan-usulan tingkat kelurahan yang nantinya akan dibuatkan dalam dokumen yang diajukan di tingkat kota.

Dadang menambahkan, dalam menentukan pembangunan di wilayahnya masing-masing di antaranya adalah kegiatan usulan dalam pembangunan ada menu wajib dan pilihan. Kalau tidak bisa dikaver nantinya ada dari anggota dewan bisa melalui Pokok-pokok Pikiran (Pokir). Pokir itu Pokok-pokok Pikiran Anggota DPRD merupakan aspirasi masyarakat yang dititipkan kepada anggota Dewan agar diperjuangkan di pembahasan RAPBD.

Di tempat yang sama Camat Sawangan Anwar Nasihin mengatakan, musrenbang kali ini adalah usulan dari musrenbang tingkat kelurahan. Tiap tahun musrenbang ada perubahan untuk lebih menyempurnakan, jadi lebih terukur sehingga perencanannya, pelaksanaannya, dan evaluasinya menjadi linear.

Anwar menambahkan, linear itu efektif, efisien, dan tepat sasaran, alhamdulilah untuk tahun ini tiap-tiap kelurahan sudah melakukan musrenbang.

Camat bermimpi, direncanakan ke depannya bagaimana Jalan Raya Sawangan ini tidak macet, harus direncanakan dari sekarang. (*)