Pondok Pinang

Kastara.ID, Jakarta – Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta August Hamonangan meninjau bantaran Kali Grogol di Kompleks Perumahan Pondok Indah, RW 14, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Dalam peninjauan tersebut, August yang didampingi Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan ingin mengetahui apakah lahan seluas 3.000 meter persegi di bantaran kali ini bisa dijadikan lokasi pertanian.

“Ternyata kondisi air di bantaran kali ini tidak memungkinkan. Sehingga masih perlu dikaji lebih lanjut,” ujar August di lokasi, Rabu (8/7).

Menurut August, kondisi lahan di bantaran kali ini perlu ditanami pohon merambat agar bisa dimanfaatkan menjadi lahan pertanian. Sebelum itu, pihaknya harus berkoordinasi lebih dahulu dengan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan.

“Saya mengapresiasi warga RW 14 yang berkeinginan menjadikan bantaran kali menjadi lahan pertanian,” katanya.

Sementara Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan Hasudungan mengaku akan mencari solusi bagi warga RW 14 yang ingin melaksanakan aktivitas pertanian perkotaan (urban farming) di wilayahnya.

“Kita minta mereka menyiapkan tempat, bibit tanamannya akan dibantu,” tandasnya. (hop)