COVID-19(rtl.fr)

Kastara.ID,  Jakarta – Setelah berulang kali meremehkan bahaya virus corona, Presiden Brasil Jair Borsalino akhirnya dinyatakan positif Covid-19. Hasil tesnya pun kini sudah dipublikasikan.

Seperti dilansir laman NPR, Rabu (8/7), Presiden Jair Borsalino menjadi pemimpin dunia kedua yang tertular virus itu. Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga sempat dinyatakan positif Covid-19.

Sebelum terjangkit, pemimpin Brazil itu menyebut dirinya telah melakukan beberapa tes dan semuanya negatif hingga Selasa lalu. Padahal, pada bulan Maret, setelah bertemu Trump di Florida, beberapa anggota delegasinya dinyatakan positif.

Akan tetapi pada hari Ahad (5/7), keberuntungan Bolsonaro telah habis. Saat itulah dia berkata dia mulai mengalami gejala seperti kelelahan, nyeri otot, dan demam.

Dia mengungkapkan kepada wartawan, Senin (6/7) malam bahwa telah mengambil tes coronavirus dan sedang menunggu hasil, menambahkan bahwa dokter juga telah mengambil scan paru-parunya yang telah kembali “bersih.”

Pada hari Selasa, ia mengatakan tim medisnya sekarang mengobatinya, antara lain, dengan hydroxychloroquine, obat anti-malaria kontroversial yang ia dan Trump telah gembar-gemborkan sebagai cara untuk mencegah dan mengobati Covid-19.

Sebagai informasi, lebih dari 1,6 juta kasus yang dikonfirmasi di Brasil pada hari Selasa. Lebih dari 65.000 orang di sana telah meninggal karena komplikasi terkait dengan Covid-19. Jumlah itu disinyalir karena keterlambatan dalam pengujian. (har)