Kastara.id, Jakarta – Dalam rangka memudahkan akses informasi masyarakat dalam bidang ketenagakerjaan, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri menggagas aplikasi nakertv yang bekerjasama dengan IBOLZ Indonesia. Selain itu, Menaker juga meresmikan ruang wartawan yang baru saja selesai direnovasi untuk memenuhi kebutuhan kalangan jurnalis, terutama dalam hal fasilitas.

“Aplikasi ini diharapkan menjadi sarana informasi ketenagakerjaan bagi rakyat Indonesia. Dengan megoptimalkan penggunaan aplikasi nakertv, masyarakat bisa mengetahui secara langsung kegiatan dan kebijakan Kemnaker serta informasi-informasi lain yang sarat edukasi terkait ketenagakerjaan nasional,” ujar Menaker Hanif saat me-launching studio dan aplikasi nakertv di kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Jakarta Selatan, Rabu (7/9), serta dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara.

Menaker juga meminta masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan nakertv guna memperoleh informasi yang kredibel terkait ketenagakerjaan. Selain itu, Menaker juga memberikan tantangan kepada jajarannya agar memaksimalkan kinerja dan mengisi aplikasi nakertv dengan sajian edukasi dan informasi bidang ketenagakerjaan.

“Sekarang tidak ada yang bisa ditutup-tutupi lagi. Nakertv memberikan konten informasi kepada stakeholder ketenagakerjaan. Ini bisa kita manfaatkan betul di jajaran pemerintah pusat, maupun di Disnaker daerah, karena informasinya kredibel dari pemerintah,” kata Menaker.

Dengan hadirnya nakertv, Menaker berharap informasi ketenagakerjaan semakin mudah dijangkau oleh masyarakat luas. Ia mencontohkan dalam konteks informasi bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Nakertv bisa dimaksimalkan sebagai media informasi dan komunikasi kebijakan kemnaker untuk TKI. “Semoga bisa memberikan manfaat pada stakeholder ketenagakerjaan. Dan membuat kondisi ketenagakerjaan menjadi lebih baik,” ujar Menaker.

Menaggapi peluncuran tersebut, Menkominfo Rudiantara mengatakan, nakertv merupakan gagasan baru yang patut diapresiasi. Sebab, lanjutnya, dewasa ini orang mulai beralih dari layar lebar ke layar yang lebih kecil. Dari layar televisi ke layar smartphone.

Aplikasi nakertv bisa diunduh melalui Play Store dan APP Store di Android atau IOS. Sampai saat ini, Kemnaker terus melakukan perbaikan sistem penyajian informasi ketenagakerjaan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi ketenagakerjaan baik dalam lingkup agenda dan kebijakan Menteri Ketenagakerjaan maupun jajaran di bawah naungannya.

Aplikasi ini juga diharapkan menjadi sarana informasi ketenagakerjaan bagi rakyat Indonesia. Dengan megoptimalkan penggunaan aplikasi nakertv, masyarakat bisa mengetahui secara langsung kegiatan dan kebijakan Kemnaker serta informasi-informasi lain yang sarat edukasi terkait ketenagakerjaan nasional. (npm)