Maung

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto direncakana akan menyerahkan kendaraan taktis Maung buatan PT Pindad ke Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kamis (8/10) sore.

Juru Bicara Menhan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar-Lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak menyebutkan, kendaraan taktis yang dipesan khusus dan sempat diuji coba langsung itu telah berada di gedung Kemenhan usai dipesan Prabowo.

“Rencananya kendaraan tersebut akan diserahkan langsung ke Hadi pada sore nanti. Sejak awal memesan, Prabowo telah berencana menyerahkan kendaraan dengan spesifikasi militer itu kepada prajurit TNI, kata Dahnil seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (8/10).

Meski begitu, Dahnil belum merinci total kendaraan yang dikirim PT Pindad per hari ini. Proses serah terima sendiri akan dilakukan di Kemenhan.

Prabowo sebelumnya memesan 500 unit kendaraan taktis Maung dari PT Pindad dengan harga Rp 600 juta per unit pada Juli lalu.

Prabowo saat itu meminta pesanannya diselesaikan Oktober bertepatan dengan Hari Ulang Tahun TNI.

Maung merupakan mobil berpenggerak 4×4 dan menggunakan transmisi manual 6 speed serta dilengkapi dengan braket persenjataan kaliber 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi, dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

Maung juga didukung mesin diesel turbo 2.500 cc, sama seperti yang digunakan Toyota Hilux.

Kelebihan utama Maung adalah menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas pada ruas jalan aspal. Maung mempunyai batas kecepatan aman 120 km per jam dan maksimal mencapai 140 km per jam. (ant)