450 orang yang terdiri dari 248 Atlet, 37 Pelatih, 37 Asisten Pelatih, enam Pelatih Fisik, 19 Manajer, empat Sport Analysis, satu Fisioterapi, delapan Masseur, tiga Psikolog, dua Dokter Olahraga dan 85 Ofisial.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, POMNas merupakan event olahraga nasional yang digelar setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh atlet mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

POMNas XVIII Tahun 2023 mempertandingkan 16 cabang olahraga yaitu Atletik, Bola Basket, Bulutangkis, Bola Voli Pasir, Bridge, Catur, Futsal, Gulat, Karate, Kempo, Panjat Tebing, Pencak Silat, Renang, Sepak Takraw, Taekwondo, dan Tenis Lapangan.

“Dari 17 kali pelaksanaan POMNas, Provinsi DKI Jakarta selalu menjadi juara umum. Pada tahun 2023 ini, Provinsi DKI Jakarta punya target mempertahankan gelar juara umum,” ujar Andri, Rabu (8/11).

Andri menjelaskan, kontingen POMNas Provinsi DKI Jakarta tahun 2023 dibentuk melalui beberapa tahapan seleksi salah satunya adalah dari event kejuaraan seperti invitasi cabang olahraga, pekan olahraga mahasiswa provinsi dan Pesta Olahraga.

Event olahraga tersebut terselenggara dari kolaborasi antara Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, BAPOMI, Universitas Negeri Jakarta, Pengprov Cabang Olahraga serta Pengurus Pusat dan Pengurus Besar Cabang Olahraga.

Dia menambahkan, atlet yang tergabung dalam kontingen POMNas Provinsi DKI Jakarta berasal dari 33 Universitas dan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang ada di DKI Jakarta.

“POMNas XVIII Tahun 2023 akan mempertandingkan 209 nomor pertandingan dengan 178 nomor pertandingan atau 85,17 persen akan diikuti oleh para atlet dari kontingen Provinsi DKI Jakarta dan target medali emas sebanyak 66 medali atau 37,08 persen,” tandas Andri. (hop)