SIM

Kastara.ID, Jakarta – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menerapkan rekayasa lalu lintas dalam rangka pengamanan aksi buruh di sejumlah titik di wilayah Jakarta Pusat. Rekayasa lalu lintas salah satunya diberlakukan di sekitaran Bundaran Patung Kuda, lantaran diperkirakan massa akan berkumpul di titik tersebut.

“Hari ini untuk pengamanan hari unjuk rasa buruh, kita sudah siapkan rekayasa lalinnya di sekitaran bundaran Patung Kuda,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (8/12).

“Kemungkinan jalan Medan Merdeka Selatan nanti juga akan kita tutup. Kemudian untuk wilayah lainnya seperti jalan Gambir, Harmoni, dan seputar jalan menuju kawasan Istana itu kita tutup tapi sifatnya situasional,” lanjutnya.

Sambodo menerangkan, terdapat sekitar ratusan personil lalu lintas yang dikerahkan untuk mengamankan jalannya aksi tersebut.

“Ada sekitar 400-an ya, karena ini ada beberapa titik di MPR-DPR juga ada, di KPK ada, di Kemenaker juga ada, kemudian di Balai Kota juga ada, dan yang bagian besarnya itu di Patung Kuda,” jelasnya.

Sebagai informasi, terdapat sebanyak 10.000 buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di tiga tempat, yakni Istana Kepresidenan, Mahkamah Konstitusi, serta Balai Kota DKI Jakarta.

Para buruh nantinya akan menuntut kenaikan UMP DKI Jakarta tahu 2022 sekaligus mempertanyakan amar keputusan yang dibacakan para Hakim Konstitusi terkait Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. (ant)