Inspektorat Jenderal

Kastara.id, Jakarta – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim menegaskan bahwa Inspektorat Jenderal (Itjen) bukanlah pengawas, tapi sebagai pemandu.

Menurut Lukman, Itjen sebagai bagian dari Kementerian Agama (Kemenag) berfungsi sebagai pemandu bagi semua satuan kerja Kementerian Agama agar berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. “Itjen itu sebagai teman yang berfungsi sebagai penolong dan pemandu,” ujar Lukman ketika memberikan arahan pada pembukaan kegiatan Lokakarya Pengawasan (Lokwas) 2018 di Bogor (8/1). Dalam lokakarya tersebut hadir para auditor Itjen Kemenag.

Pada kesempatan tersebut Lukman menyampaikan keinginannya untuk kembali meneguhkan, menanamkan kesadaran kepada setiap ASN Kemenag bahwa telah terjadi perubahan cara pandang terhadap Itjen. “Pada masa lalu Itjen sebagai internal instansi pemerintah dipersepsikan sebagai watchdog. Akibatnya, sebagian kalangan melihat Itjen sebagai pihak yang ditakuti dan harus dihindari. Berurusan dengan Itjen adalah sesuatu yang tidak menyenangkan,” katanya.

Akan tetapi, lanjut dia, akhir-akhir ini telah terjadi pergeseran. Dia berharap di tahun ini ada perubahan di internal Kemenag. Jika dulu berinteraksi dengan Itjen adalah sesuatu yang dihindari. “Ini tahun baru, saya ingin ada perubahan, orang-orang itu mencari-cari itjen, rindu, butuh Itjen,” beber Lukman. Menurutnya, pergeseran cara pandang itu harus diwujudkan.

“Mindset kita harus diubah, kita “bukan” lagi pengawas tapi pemandu yang memberikan arah, bimbingan, panduan bagaimana program-program itu dilaksanakan, bagaimana pertanggungjawaban dari program-program tersebut,” katanya.

Lukman juga menegaskan bahwa Itjen menduduki posisi luar biasa, bukan sekedar dapur think thank tapi sebagai penjaga kualitas program Kementerian Agama.

“Ibarat kapal besar Kemenag ini, saudara-saudara merupakan sebuah kelompok yang fungsinya luar biasa, yang dalam perusahaan besar semacam Quality Control,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang mengusung tema Meneguhkan Komitmen Pencegahan dalam Pengawasan ini, Menag juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas kiprah Itjen yang telah berkontribusi terhadap pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh Kemenag sepanjang tahun 2016 dan 2017. “Beberapa capaian di tahun-tahun lalu tahun 2017 dan tahun 2016 itu tentu karena sentuhan dari Itjen sehingga citra Kemenag menjadi lebih baik,” pungkas Lukman. (npm)