Diah Pitaloka

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Diah Pitaloka optimis Kerajaan Arab Saudi bakal membuka penyelenggaraan ibadah Haji bagi jemaah asal Indonesia pada 2022 ini.

Terdapat dua aspek yang membuat dirinya yakin walaupun sekarang pemerintah Saudi belum memutuskan hal itu.

“Saya optimis keberangkatan Haji Indonesia itu tahun ini Insya Allah akan bisa, akan berjalan,” kata Diah, Rabu (9/3).

Menurut Diah Pitaloka, alasan pertama kabar terbaru dari pemerintah Saudi yang telah mencabut peraturan pencegahan pandemi Covid-19 seperti tidak lagi mengharuskan tes PCR dan karantina.

Ia mengatakan, hal ini bisa menjadi parameter menghitung kemungkinan apakah pemerintah Saudi bakal membuka kembali ibadah haji bagi jemaah mancanegara.

Alasan berikutnya yakni telah mulai dijalankannya kembali ibadah umrah. Tidak sedikit juga jemaah Tanah Air yang telah menjalankan ibadah ini dengan baik dan lancar.

“Kalau sekarang kan jemaah umrah kita kan sudah, malah bebas karantina. Bercermin dari kebijakan umrah, saya optimis haji kita berangkat,” ujarnya.

Meski begitu, Diah Pitaloka tidak bisa memastikan soal kuota yang akan diberikan pemerintah Arab Saudi.

Hal itu disebabkan belum ada satu negara pun yang mendapatkan kepastian tersebut. “Misalnya Malaysia, Brunei, atau Singapura, itu semua masih nunggu kan,” tandasnya. (rso)