Puasa

Kastara.ID, Depok – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Elly Farida melalui tausiahnya menyebut, dalam melaksanakan puasa Ramadan, seorang muslim tidak hanya dituntut untuk menjalankan semua kewajiban puasa. Tetapi juga harus menjauhi hal-hal yang bisa menggugurkan pahala puasa.

“Rasulullah SAW pernah bersabda: كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوْع وَالْعَطْش
Artinya: “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan sesuatu dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga” (HR An-Nasa’i),” ujarnya, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Sabtu (9/4).

Elly mengatakan, beberapa hal yang dapat menggugurkan pahala puasa seperti berpuasa tetapi tidak mampu menjaga lisannya. Misalnya, menggunjing orang lain, melakukan adu domba, berbohong dan lain sebagainya.

Sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadits “Lima hal yang bisa mengurangi pahala orang berpuasa: membicarakan orang lain, mengadu domba, berbohong, melihat dengan syahwat, dan sumpah palsu” (HR Ad-Dailami).

“Kemudian, berpuasa dengan tujuan ingin mendapat pujian dari orang lain (riya) atau ibadah puasa yang dilakukan dirinya merasa lebih baik dari puasa yang dilakukan orang lain. Selain bisa menggugurkan pahala puasa, sifat riya juga tergolong dalam perbuatan syirik. Rasulullah SAW bersabda ‘Barang siapa yang berpuasa namun ia riya, maka dia telah berbuat syirik.’ (HR Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Thabrani),” ungkapnya.

Lebih lanjut, berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan haram. Orang yang berpuasa dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari, bisa menjadi gugur pahalanya sebab berbuka puasa dengan makanan haram seperti makanan hasil curian atau sesuatu yang dihukumi najis dalam Islam. Selain menggugurkan pahala puasa, mengonsumsi makanan haram juga bisa membuat orang menjadi malas beribadah.

“Tentu, tidak ingin kan di bulan Ramadan seseorang menyesal karena banyak tertinggal kesempatan beribadah akibat rasa malas dalam dirinya. Untuk itu, pahamilah hal-hal yang dapat menggugurkan puasa dan jauhilah,” tutupnya. (dha)