BTPKLW

Kastara.ID, Depok – Asisten Teritorial Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Sapriadi bersama Danrem 051/Wijayakarta Brigjen Yustinus didampingi Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan meninjau langsung proses pembagian Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) untuk 26 ribu warga Depok. Tinjauan tersebut dilakukan guna memastikan bantuan tunai tepat sasaran dan berjalan lancar.

“BTPKLW ini serentak se-Indonesia. Saya kebetulan bertugas melihat langsung penyalurannya di Kota Depok. Sekaligus menyapa warga Depok, ingin mendengar pendapat tentang bantuan yang diterima, memeriksa juga apakah ada potongan dan sebagainya, ternyata aman terkendali,” kata Asisten Teritorial Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Sapriadi usai tinjauannya di Makodim Depok, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok (8/4).

Dirinya menekankan, mekanisme pemberian BTPKLW juga sangat ketat dalam setiap prosesnya. Pihaknya memiliki sistem untuk memadankan data setiap penerima, sehingga verifikasi dan validasinya akurat.

“Penerima akan difoto terus cek ulang agar sesuai kriteria dan tepat sasaan. Ini semua agar bantuan tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan untuk membantu usaha mereka,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Danrem 051/Wijayakarta Brigjen Yustinus menilai penyaluran bantuan tunai di Kodim 0508/Depok  berjalan sangat baik.

“Saya hari ini datang ke sini dalam rangka melihat langsung penyaluran BTPKLWN. Pada pelaksanaannya berjalan sesuai dengan skenario yang kita kemaren gladikan bersama. Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan lancar mulai hari ini hingga 28 April mendatang,” kata Yustinus.

Dijelaskan Yustinus, penyaluran BTPKLWN oleh TNI ini dalam rangka mendukung program pemerintah. Untuk itu, TNI AD yang memiliki 97 Kodim, salah satunya Kodim 0508/Depok yang merupakan satuan di bawah jajaran Korem 051/Wijayakarta siap sedia menyukseskan program pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

“Kalau Korem ada dua yang berada di wilayah Kodam Jaya/Wijayakarta. Yaitu Korem 051/Wijayakarta dan Korem 052/Wijayakrama,” ucapnya.

Danrem 051/Wijayakarta berharap dana tunai yang disalurkan ini dapat tepat sasaran dan guna.

“Tepat sasaran maksudnya ditujukan betul-betul kepada pedagang kaki lima, warung kecil dan nelayan kecil. Tepat guna maksudnya ya untuk membantu mereka dalam rangka meningkatkan usahanya dalam situasi bulan Ramadan ini maupun masih dalam situasi pandemi,” tuturnya.

Seperti diketahui, setelah menerima bantuan tunai, para peserta juga diberikan snack untuk berbuka puasa. Serta difasilitasi vaksinasi di lokasi bagi mereka yang belum menerima vaksin Covid-19. (dha)