Lampung

Kastara.ID, Jakarta – Mabes Polri mengungkapkan bagaimana Khilafatul Muslimin menggalang dana dari para anggotanya. Disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, pengumpulan dana yang dilakukan Khilafatul Muslimin menggunakan kotak amal ketika ada kegiatan.

“Terkait dengan aliran dana, yang diketahui penggalangan dana yang sudah pasti adalah internal mereka. Artinya disebarkan kotak amal,” kata Ramadhan, Kamis (9/6).

Ditambahkan Karo Penmas, kelompok tersebut menyebarkan kotak amal dalam kegiatan majelis mereka dan penggalangan dana tersebut dilakukan secara internal.

“Sesama mereka pada kegiatan-kegiatan majelis, jadi baru internal,” ujarnya.

Ia belum menjelaskan secara rinci total dana yang telah dikumpulkan oleh Khilafatul Muslimin. Pihaknya masih melakukan pendalaman untuk hal tersebut.

“Masih dalam proses, masih pendalaman. Kita matangkan dulu baru kita sampaikan,” ujarnya.

Informasi sebelumnya, Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan, pihak kepolisian masih menyelidiki dana operasional dari Khilafatul Muslimin.

“Uang operasionalnya cukup besar. Ini pertanyaan besar yang harus kita jawab jadi proses penyelidikannya (lebih) lanjut,” ujar Hengki. (ant)