Kastara.ID, Jakarta – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendadak menjadi sorotan publik. Hal ini setelah beredar video wawancara Airlangga di salah satu stasiun televisi. Dalam wawancara tersebut Airlangga menjelaskan tentang produksi dan spesifikasi mobil Esemka Bima yang baru saja diluncurkan oleh Presiden Jokowi.

Perhatian publik tertuju saat pembawa acara menanyakan tentang dari mana asal mesin yang digunakan mobil Esemka. Pembawa acara menanyakan mesin mobil Esemka buatan mana. Namun Airlangga justru menjawab mobil Esemka berkapasistas 1.200 cc dan cukup powerful untuk digunakan.

Saat pembawa acara mengulangi lagi pertanyaanya, Airlangga kembali melontarkan jawaban yang ‘nggak nyambung.’ Ketua Umum Partai Golkar ini justru menyatakan Esemka menggunakan multiple source. Terkesan Airlangga sengaja tidak menjawab pertanyaan pembawa acara.

Video yang diunggah pada Ahad (8/9) di akun twitter @enggalpm ini langsung mendapat tanggapan beragam dari warganet. Pemilik akun @panca66 bahkan menyebut penampilan Airlangga pada wawancara tersebut lebih mirip Haji Bolot, pelawak yang selalu tampil dengan gaya budeg atau tidak mendengar. Pasalnya jawaban Airlangga tidak nyambung dengan pertanyaan pembawa acara.

Sementara itu Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay meminta polemik mobil Esemka segera diakhiri. Saleh menyebut pihak manajemen PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) harus menjelaskan terkait produksi mobil Esemka. Selain itu perusahaan harus menjelaskan investor dan tenaga ahli yang terlibat. Menurut Saleh hal-hal tersebut harus diketahui masyarakat. (mar)