Flyover Cakung

Kastara.ID, Jakarta – Realisasi pembangunan lintas atas (flyover) Cakung di Jakarta Timur sudah mencapai 71 persen. Saat ini masuk tahap pengangkatan girder.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, rencana dan realisasi pekerjaan mengalami deviasi positif sebesar lima persen. Pengangkatan girder terutama pada sisi barat Kanal Banjir Timur (KBT) dan girder flyover yang melintasi rel kereta api.

“Progres fisik sampai saat ini 71 persen, rencana pekerjaan 66 persen. Jadi ada deviasi positif lima persen,” kata Hari, Rabu (9/9).

Hari menuturkan, total girder yang bakal dipasang (erection) untuk FO Cakung sebanyak 84 girder, dan per 7 September sudah dipasang 72 girder. Lintas atas Cakung ini dibangun untuk mengurangi kemacetan yang disebabkan adanya perlintasan kereta api dan meminimalisasi kecelakaan.

“Nantinya perlintasan kereta api akan ditutup. Jadi, pengendara akan diarahkan melalui flyover Cakung ini. Ditargetkan akhir tahun 2020 FO Cakung selesai pembangunannya,” tandas Hari. (hop)