Ali Maulana Hakim

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara memprioritaskan penanganan banjir di kawasan Teluk Gong, Pejagalan, Penjaringan.

Rencananya di kawasan tersebut akan dilakukan peningkatan dan perbaikan infrastruktur sebagai solusi pengendalian banjir.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, kawasan Teluk Gong menjadi prioritas dalam penanggulangan banjir. Mengingat pada Januari 2020 lalu, kawasan ini tergenang air dengan ketinggian lebih dari satu meter selama 10 hari.

“Kawasan Teluk Gong salah satu atensi dan prioritas kami. Karena kemarin banjir di sana cukup tinggi dan durasi banjirnya lama,” ujarnya (8/10).

Ali memastikan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar banjir di kawasan Teluk Gong tidak terulang. Di antaranya dengan meninggikan dudukan tiga mesin pompa di kawasan tersebut.

“Masing-masing pompa yang ada di Waduk Telok Gong memiliki kapasitas 1.000 meter kubik per detik,” terangnya.

Selain itu, sambung Ali, pihaknya juga akan melakukan penambalan lubang tanggul Kali Angke. Bersama dengan itu juga dilakukan pembersihan dan perbaikan bagian saluran yang rusak.

“Tahun lalu mesin pompa air terendam. Sekarang dudukan mesin pompa sudah dinaikan agar bisa beroperasi normal,” tandasnya. (hop)