Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo di hadapan Relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) menyatakan, pemimpin Indonesia ke depan haruslah punya nyali atau pemberani.

“Sosok yang punya nyali atau pemberani itu tampaknya ditujukan kepada Prabowo Subianto. Sebab, dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Prabowo lebih dipersepsi masyarakat sebagai sosok pemberani dan tegas,” ungkap M Jamiluddin Ritonga kepada Kastara.ID, Senin (9/10),

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul Jakarta ini menjelaskan bahwa persepsi masyarakat itu tampaknya sama dengan sosok yang diinginkan Jokowi. Prabowo melalui tampilan verbalnya memang lebih mengesankan tegas dan pemberani dibandingkan dengan Ganjar dan Anies.

“Indikasi ke Prabowo itu juga dipertegas dengan sikap Samawi yang siangnya saat Rakernas bersama Jokowi, dan malamnya ke rumah Prabowo untuk menyatakan dukungan. Di sini terlihat benang merah pernyataan Jokowi di hadapan Samawi dengan dukungan relawannya itu kepada Prabowo,” imbuh Jamil.

Menurut pengamat yang juga mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini, indikasi lainnya juga terlihat dari banyaknya relawan Jokowi yang memberi dukungan kepada Prabowo. Dukungan para relawan ini baik langsung maupun tak langsung tampaknya mendapat restu dari Jokowi.

“Hal itu terlihat dari sikap relawan Jokowi yang selalu menyatakan tegak lurus dengan arahan dan keputusan Jokowi. Karena itu, dukungan para relawan terhadap Prabowo dapat dimaknai sebagai restu dari Jokowi,” pungkas Jamil. (dwi)