Basuki Hadimuljono

Kastara.ID, Jakarta – Menanggapi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin adanya penyederhanaan pejabat eselon di kementerian dan lembaga, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku telah menyiapkan opsi untuk memangkas dan merampingkan jabatan eselon III dan IV di Kementeriannya.

Namun Basuki memastikan bahwa restrukturisasi tersebut tetap mengikuti kebijakan dari Menteri PAN-RB. Basuki mengaku bahwa dalam mealkukan pemangkasan, dirinya harus berhati-hati.

“Misalnya, Unit Pelaksana Teknis di daerah, apa Eselon II langsung menjadi fungsional, karena itu kewilayahan pelaksanaan, beda dengan administrasi di kantor,” kata Basuki di kantornya, Jakarta (8/11).

Basuki menuturkan bahwa tidak semua jabatan eselon akan dipangkas, di mana opsi lainnya adalah relaksasi jabatan. “Eselon I tetap dipertahankan, eselon II almost tetap, eselon III pasti kita efisienkan, kalau tidak dihapus, direlaksasi,” ujarnya.

Basuki menjelaskan, ada 200 orang yang menjabat eselon III di bawah Kementerian PUPR. “Kalau saya disposisi ke Dirjen, nanti Dirjen Disposisi lagi ke Direktur eselon III, eselon III ke eselon IV agar ditelaah. Yang menyiapkan eselon IV, lalu naik lagi kan lama,” ungkapnya. (rya)