Universitas Terbuka

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap perguruan tinggi mempunyai peran penting dalam pengembangan ekonomi serta keuangan syariah.

Apalagi, ekonomi dan keuangan syariah adalah bagian integral dari sistem ekonomi nasional yang mempunyai peran penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Karena itu, perguruan tinggi diharapkan mampu memberikan sumbangsih dalam bentuk pemikiran, inovasi, penyiapan SDM dan mendorong literasi dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia,” terang Ma’ruf di ‘The 2021 Universitas Sebelas Maret International Conference on Islamic Economics’, Selasa (9/11).

Ma’ruf pun berharap UNS dapat mengambil peran dalam rangka mencetak generasi muda yang unggul di bidang ekonomi dan keuangan syariah. Sehingga mempercepat tumbuhnya ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air.

Lebih jauh Maruf menuturkan, Bank Syariah di masa depan harus memiliki tiga peran penting. Pertama, memfasilitasi permodalan kepada pelaku yang bergerak di industri produk halal.

Yang kedua, memberikan akses kepada seluruh pelaku bisnis, baik yang besar, menengah, maupun yang kecil. Dan yang ketiga, dapat melayani transaksi besar yang bertaraf global.

“Industri produk halal yang sedang kita bangun yakni industri halal yang tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri. Tetapi juga berorientasi pada pasar global, yang dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan,” tandasnya. (ant)