Melbourne

Kastara.ID, Melbourne – Masyarakat Indonesia di Australia meramaikan Moomba Parade 2020 di Melbourne, Australia dengan beragam busana tradisional nusantara (9/3). Pada tahun ini, masyarakat Indonesia terbagi menjadi dua kelompok yang dikoordinir oleh Sanggar Saman Melbourne dan Indonesia Diaspora Network Victoria (IDN Victoria).

“Pakaian yang digunakan oleh Komunitas Indonesia pada Moomba Parade 2020 ini merupakan hasil pengembangan/modifikasi busana tradisional agar lebih semarak sesuai dengan suasana keriaan Moomba Parade,” kata Harryvan Marpaung yang merupakan creative designer dari pakaian tradisional kontingen Indonesia.

Koordinator IDN Victoria, Sulistyawan Wibisono mengatakan, untuk turut memeriahkan kontingen Indonesia pada Moomba Festival Parade ini, pihaknya juga membawa kostum pasangan Garuda Emas dan Ondel-Ondel yang dibawa dari Indonesia. Sementara Koordinator Saman Melbourne dengan Rossa Wintala Puspitasari sebagai ketuanya, menyampaikan bahwa kelompoknya menggunakan kostum dari tokoh pewayangan Jawa, Maluku, Madura, dan Aceh.

Antusiasme komunitas Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam Moomba Parade merupakan hal positif dan perlu diapresiasi. “Partisipasi aktif masyarakat Indonesia perlu terus didukung karena ini juga merupakan bagian dari program Perwakilan RI untuk mempromosikan Indonesia di Wilayah Kerja dengan memberdayakan aset dan sumber daya Pewakilan, termasuk Komunitas dan Masyarakat Indonesia di Melbourne,” demikian disampaikan Prima Januar Sastrawiria, Konsul Sosbud pada KJRI Melbourne.

Moomba Festival telah terselenggara sebanyak 66 kali sejak tahun 1954 dan merupakan festival terbesar di Kota Melbourne. Selama empat hari penyelenggaraannya, Moomba Festival menarik lebih dari satu juta pengunjung, sementara parade yang merupakan puncak acara disaksikan oleh lebih dari 10 ribu penonton.

Kehadiran dan keterlibatan masyarakat Indonesia di Australia dalam kegiatan seperti ini merupakan bagian dari penguatan people to people relations dan sangat bermanfaat bagi hubungan bilateral antar negara. KJRI Melbourne sangat mengapresiasi kontribusi dan peran aktif masyarakat Indonesia, dan akan terus membangun kemitraan dengan berbagai kelompok komunitas Indonesia dalam kegiatan serupa di Victoria di masa yang akan datang. (put)