Belimbing

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris membuka Festival Belimbing 2020 di halaman Balai Kota Depok, Selasa (10/3), Pemerintah Kota Depok berkeinginan untuk melestarikan produk-produk pertanian di Kota Depok, salah satunya adalah belimbing dewa yang menjadi ikon Kota Depok.

Untuk produk yang dihasilkan dari petani-petani belimbing di Kota Depok adalah produk yang berkualitas bagus, meskipun masih terkendala keterbatasan lahan.

Nantinya pemerintah akan berupaya untuk bisa memiliki lahan pertanian yang digarap sama petani belimbing nantinya kita ciptakan saling menguntungkan antara petani yang menggarap dengan Pemkot Depok.

“Untuk saat ini ada sekitar 11 Hektar tanaman Belimbing yang ada di Kota Depok sebagai petani belimbing sudah sejak lama daerah asalnya menjadi pusat pertanian belimbing. Seperti di wilayah Kelapa Dua, Cimanggis. Namun ada juga beberapa petani belimbing yang sudah mengubah lahannya dengan disewakan ke pihak lain,” kata Idris.

Idris berharap, Festival Belimbing Dewa ini dapat memajukan pertanian di Kota Depok, khususnya komoditas belimbing sehingga budidaya belimbing dapat menjadi produk yang tidak hanya mengharumkan nama Kota Depok, tetapi juga mampu memberikan dampak ekonomi kepada para pelaku usaha pertanian. (*)