RPTRA Sunter Muara

Kastara.ID, Jakarta – Pandemi COVID-19 tidak membuat para pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Sunter Muara, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, berhenti beraktivitas. Buktinya, mereka bisa terus berkreativitas salah satunya dengan memanen ikan lele yang dibudidayakan sejak 2,5 bulan lalu.

Lurah Sunter Agung, Danang Wijanarko mengapresiasi para pengelola RPTRA Sunter Muara yang berhasil memanen ikan lele di masa pandemi seperti saat ini.

“Alhamdulillah 500 ekor benih lele yang kita budidaya dari 2,5 bulan sudah bisa dipanen. Ini panen pertama dengan total keseluruhan mencapai 50 kilogram,” ujar Danang, Rabu (10/3).

Dikatakan Danang, hasil panen ikan lele tersebut akan dijual kepada warga sekitar. Kemudian dari hasil penjualan tersebut akan kembali dibelikan benih. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat menjadi media pembelajaran sekaligus praktik dalam usaha membudidayakan ikan lele.

“Meski hasilnya kami jual, tentu kami tidak melihat seberapa besar hasil penjualannya. Yang penting adalah produktivitas pengelola RPTRA memanfaatkan masa pandemi COVID-19,” katanya.

Ia menambahkan, tak hanya para pengelola, kegiatan budi daya ikan lele juga diikuti warga sekitar RPTRA Sunter Muara.

“Di Kelurahan Sunter Agung ada enam RPTRA yakni RPTRA Sunter Muara, RPTRA Sutera 1, RPTRA Sutera 2, RPTRA Sutera 3, RPTRA Sutera 4 dan RPTRA Kampung Indah Lestari. Semuanya memiliki kolam budi daya ikan. Nggak hanya ikan lele tapi juga ada ikan lainnya seperti ikan nila,” tandasnya. (hop)