Audi

Kastara.id, Jakarta – Pabrikan mobil premium Jerman, Audi, mengumumkan rencananya untuk menjual sekitar 800 ribu kendaraan listrik dan mobil hybrid pada tahun 2025. Target tersebut dicanangka Audi untuk menyaingi perusahaan mobil listrik asal Amerika, Tesla.

Pada tahun 2025, seperti dilansir Reuters (9/5), Audi akan meluncurkan lebih dari 20 kendaraan listrik menggunakan platform modular dan basis kendaraan MEB dari perusahaan induknya, Volkswagen. Platform tersebut juga dikembangkan bersama-sama dengan Porsche.

Rencana tersebut dinilai cukup ambisius ketimbang target peluncuran 20 kendaraan listrik yang akan ditangani Audi sendirian. Peluncuran mobil-mobil itu diyakini tidak akan menggangu margin operasi sebesar 8-10 persen, walau pihak Audi tetap menolak untuk menjabarkan rincian terkait jumlah mobil listrik dan mobil hibrida yang akan dijual pada tahun 2025.

Pada tahun lalu Audi mampu menjual 16 ribu kendaraan semi-listrik dan belum memiliki model listrik sepenuhnya pada jajaran produknya. Jumlah tersebut menjadi bagian dari total 1,88 juta unit secara global yang mampu dijual perusahaan yang berbasis di Ingolstadt, Jerman, pada tahun 2017. Jumlah tersebut juga sudah termasuk tiga model kendaraan berpenggerak plug-in hybrid.

Dijadwalkan pada Agustus mendatang, Audi akan meluncurkan model sport (SUV) e-tron sebagai model pertama berpenggerak listrik sepenuhnya. (dwi)