Wayang Orang Bharata

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi sesi latihan Wayang Orang Bharata di Gedung Wayang Orang Bharata, Senen, Jakarta Pusat (9/6).

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Kadis Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana bersama beberapa pimpinan BUMD DKI Jakarta.

Gubernur Anies mengapresiasi Wayang Orang Bharata sebagai entitas kebudayaan di Jakarta yang telah bertahan setengah abad lamanya. Selain itu Wayang Bharata juga terus melakukan regenerasi kepada seniman yang lebih muda.

“Wayang Orang Bharata ini sudah legenda dan menjadi bagian dari cerita Jakarta. Dan ini bagian dari ikhtiar kita untuk mengembangkan kebudayaan. Dan adik-adik semua (pemain wayang dari kalangan anak-anak) yang ikut hadir di sini kita salut sekali karena telah menghibahkan waktu dan tenaga untuk menjaga, merawat, dan mengembangkan budaya kita. Dan tentu terima kasih kepada para orang tuanya yang membuat mereka berminat dengan kesenian wayang orang,” ujar Gubernur Anies, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur Anies menambahkan, apa pun jenis wayang memiliki keunggulan, bukan hanya sebagai tontonan yang menghibur masyarakat, tetapi juga memberikan tuntunan terkait nilai-nilai kehidupan dan keseharian.

“Kekuatan dari wayang ini adalah ada banyak aktor dan karakter di situ. Dan kita ditunjukkan dengan berbagai macam jenis karakter, yang kita bisa membaca dan ingin menjadi karakter yang ada dalam wayang tersebut,” paparnya.

“Di sinilah letak uniknya wayang bukan hanya sebagai tontonan, tetapi juga sebagai tuntunan. Ini sebuah kombinasi yang luar biasa dan harus kita jaga bersama-sama,” tambahnya.

Lebih lanjut Gubernur Anies menegaskan bahwa pemerintah memiliki tanggung jawab besar untuk terlibat dalam menjaga sebuah produk kebudayaan. Sehingga kebudayaan tersebut bukan hanya lestari, tetapi dapat terus berkembang.

“Saya melihat kegiatan kebudayaan tidak bisa diserahkan kepada mekanisme pasar, harus negara hadir membantu dan mengayomi. Jadi karena itu kita merasa harus ikut tanggung jawab,” terang Gubernur Anies.

“Kami usul pelestarian dilakukan, pengembangannya juga dilakukan. Sehingga dengan begitu budaya mengalami pertumbuhan terus menerus mengikuti tantangan zaman,” lanjutnya.

Maka dari itu Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh berbagai ikhtiar untuk memajukan kebudayaan, di antaranya melakukan perbaikan infrastruktur gedung Wayang Orang Bharata, serta mendukung kegiatan pentasnya yang pada 5 Juli 2022 nanti akan digelar pentas 50 tahun Wayang Orang Bharata dengan disponsori oleh BUMD DKI Jakarta.

“Pekerjaan rumah berikutnya adalah memastikan infrastruktur di sini terbangun. Dan insya Allah kami dukung renovasinya nanti dialokasikan sekitar Rp 7 M untuk bangun tempat ini. Harapannya akan menjadi salah satu rujukan bagi kegiatan untuk mengisi waktu luang bagi masyarakat di Jakarta,” tandasnya. (hop)