Kastara.ID, Jakarta – Jemaah Haji asal Provinsi Jawa Barat yang telah tiba di Tanah Air hingga hari ini sebanyak 29.652 orang. Mereka tergabung dalam 73 kelompok terbang atau kloter.

“Masih ada 24 kloter lagi atau kurang lebih 10.000 jemaah asal Provinsi Jawa Barat yang berada di Tanah Suci,” terang Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah sekaligus Sekretaris PPIH Embarkasi/Debarkasi Jakarta Bekasi 1440H/2019M Ajam Mustajam di Bekasi, Senin (9/9).

Menurutnya, penyambutan jemaah haji Jawa Barat dilakukan di Asrama Haji Bekasi. Setibanya di asrama, jemaah disuguhi makanan dan minuman di aula asrama. Selanjutnya, dilakukan pelepasan dari PPIH Provinsi Jabar kepada Pemerintah Daerah asal masing-masing jemaah.

“Sampai hari ini, ada 70 jemaah asal Provinsi Jawa Barat yang wafat. Sebanyak 69 di antaranya wafat di Tanah Suci, sedang satu orang wafat saat tiba di Bandara Soekarno Hatta,” tuturnya.

“Jumlah jemaah wafat asal Provinsi Jawa Barat tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu,” sambungnya.

Meski demikian, Ajam menilai, pelaksanaan Ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan baik, sejak dari pemberangkatan hingga kepulangan. Ajam berharap, peningkatan kualitas layanan berdampak pada kualitas ibadah jemaah.

“Sesuai arahan Menteri Agama, ke depan, kita akan lebih fokus lagi pada manasik dan bimbingan ibadah,” tandasnya. (put)