Kastara.ID, Boyolali – Jemaah haji asal Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang pulang pada gelombang kedua terus berdatangan di Embarkasi Solo (SOC). Mereka berangkat dari tanah suci menggunakan maskapai Garuda Airlines dan mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo.

Pemulangan jemaah haji gelombang kedua ini berlangsung sejak 31 Agustus 2019. Sampai hari ini, tercatat 53 Kloter atau sekitar 17 ribu lebih jemaah haji sudah tiba di Tanah Air. Adapun total jemaah haji asal Jateng dan DIY berjumlah 34.177 orang.

Proses serah terima dan pelepasan jemaah haji kembali ke daerah asal pun selama ini berjalan lancar di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Para jemaah sebelumnya harus melewati alat deteksi suhu panas saat memasuki Aula Musdalifah tempat proses serah terima dan pelepasan jemaah berlangsung. Usai pelepasan dan serah terima, jemaah bertolak ke daerah asal dengan menggunakan bus pariwisata dari Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Senin (9/9) sekitar pukul 10.45 WIB, sebanyak 358 jemaah haji asal Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Cilacap kembali tiba di asrama Donohudan Boyolali. Mereka tergabung dalam kloter 74 Embarkasi Solo (SOC 74). Kehadiran mereka disambut PPIH, para pejabat daerah setempat dan para Kakankemenag.

“Kalau ada jemaah yang tidak sempat umrah akan kami blacklist petugas TPIHI-nya. Panjenengan harus jujur apakah ada di antara panjengan yang tidak umrah wajib?” tanya Kepala Bidang Penerimaan dan Pembarangkatan PPIH Embarkasi Solo Afif Munzir.

“Tidak ada,” jawab serentak ratusan jemaah.

“Kami berharap panjenengan dalam menjalani ibadah hajinya diterima Allah dan diberikan predikat haji mabrur,” ujar Afif.

“Kami percaya petugas Kloter sudah berupaya memberikan layanan mulai dari tanah air sampai kembali ke tanah air lagi,” sambungnya.

Selain SOC 74, hari ini juga akan tiba di asrama haji Donohudan, SOC 75 dengan 360 jemaah, SOC 76 sebanyak 359 jemaah, dan SOC 77 yang terdiri dari jemaah asal Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Demak. Kloter terakhir dijadwalkan tiba di Embarkasi Solo pada 15 September 2019.

Afif menambahkan total jemaah haji yang sudah tiba di Debarkasi Solo baik gelombang I dan II sebanyak 73 kloter atau 26.137 orang jemaah haji. (put)