Mochamad Iriawan

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya tengah mencari pelatih berkualitas. Hal ini guna meningkatkan prestasi Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia. Terutama pasca pemecatan pelatih Simon McMenemy.

Saat meninjau lokasi pembangunan Soccer Camp di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (9/11), pria yang akrab dipanggil Iwan Bule ini mengatakan ada beberapa nama yang bisa menjadi pelatih timnas, seperti Luis Milla dari Spanyol dan Shin Tae Yong asal Korea Selatan. Namun Iwan tidak menutup kandidat lain selain dua nama tersebut. Bahkan menurut Iwan, tak menutup kemungkinan Timnas Indonesia ditangani Jose Mourinho. Terlebih mantan pelatih Manchester United berkebangsaan Portugal itu hingga kini masih menganggur.

Meski kemungkinan terbesar timnas bakal ditangani pelatih asing, mantan Kapolda Metro Jaya ini tetap membuka peluang bagi pelatih lokal. Iwan menegaskan yang terpenting adalah pelatih tersebut benar-benar berkualitas dan mampu meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia bersaing dengan negara lain.

Terlebih pada 2021 Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-21. Iwan menegaskan, momen ini harus digunakan semaksimal mungkin guna membuat sepak bola Indonesia bersinar dan berprestasi.

Sementara itu mantan pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy menyatakan tidak akan lagi mendampingi Evan Dimas dan kawan-kawan, termasuk kala menghadapi Malaysia pada 19 November 2019. Padahal sebelumnya PSSI menyatakan Simon akan memimpin Tim Garuda saat bertandang ke Bukit Jalil National Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia pada lanjutan pertadingan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Jika Simon benar-benar tidak bersedia memimpin, PSSI bakal menunjuk Yeyen Tumena dan Joko Susilo sebagai pelatih sementara. Keduanya selama ini menjadi asisten pelatih Simon McMenemy. (sud)