Bandara Soekarno Hatta (Soetta)

Kastara.ID, Jakarta – Terjadi kemacetan di ruas Tol Sedyatmo menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten pada Selasa 10 November 2020. Sejak dini hari jalan tol terlihat padat cenderung tak bergerak. Hal ini menyusul rencana kedatangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS).

Pertugas call center Jasa Marga, Daus saat dihubungi awak media mengatakan, kemacetan terjadi sejak KM 32 ruas tol Rawa Bokor, Jakarta Barat yang mengarah ke bandara. Menurutnya, volume kendaraan yang mengarah ke bandara melonjak tajam sejak dini hari. Meski demikian, menurut Daus tidak ada gangguan apalagi kecelakaan di ruas tol tersebut.

Sementara laporan yang disampaikan Radio Elshinta melalui akun twitternya@RadioElshinta, Selasa 10 November 2020, kemacetan sudah terjadi sejak pukul 03.20 WIB. Kendaraan yang mengarah ke bandara terpantau macet. Dalam video yang diunggah terlihat banyak sekali orang berpakaian putih keluar dari kendaraan.

Diperkirakan mereka adalah massa yang akan menyambut kedatangan HRS. Menurut rencana HRS yang bertolak dari Arab Saudi pada Senin 9 November 2020, akan mendarat di Bandara Soetta pada 10 November 2020 pukul 09.00 WIB.

Pengurus DPP FPI melalui akun twitternya  @DPPFPI_ID, menyatakan tidak mengajak tapi juga tidak melarang massa yang ingin menjemput HRS. FPI hanya mengingatkan agar massa selalu menaati protokol kesehatan. Selain itu massa juga diminta selalu menjaga ketertiban dan kebersihan selama berada di bandara maupun di jalanan. (ant)