Bak Mandi

Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengajak kepada masyarakat untuk menerapkan sistem 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur) plus. Ajakan dan upaya penerapan tersebut sebagai bagian langkah dalam penanggulangan penyebaran kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Sekretaris Dinkes Kota Depok Rani Martina menjelaskan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penerapan 3M plus. Dengan sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih maksimal melakukan pencegahan DBD di wilayah tempat tinggalnya.

“Melalui Puskesmas setempat juga terus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait upaya penanggulangan DBD,” tuturnya seperti dilansir di laman resmi Pemerintah Kota Depok.

Menurut Rani, penerapan 3M plus dilakukan lewat sejumlah upaya seperti menguras dan menyikat tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, serta memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menampung air.

Untuk pencegahan lebihnya, lanjut Rani, yaitu dengan memelihara ikan pemakan jentik, memasang kawat kasa, ventilasi, dan pencahayaan dalam ruangan. Warga juga diajak mengganti vas bunga atau minuman burung minimal satu minggu sekali, dan menghindari gantungan pakaian.

Upaya lainnya adalah dengan menggunakan obat nyamuk serta menaburkan bubuk larvasida di tempat penampungan air.

“Biasanya hanya menerapkan 3M saja. Kali ini kami ajak untuk melakukan 3M plus, salah satunya dengan ventilasi ruangan dan memelihara ikan yang dapat memakan jentik nyamuk yang berkembang di lingkungan tempat tinggal,” imbuhnya. (lan)