Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)

Kastara.ID, Jakarta – Seorang anggota TNI dari Batalyon 400 meninggal dunia setelah terlibat aksi saling tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Ahad (10/1). Anggota TNI yang meninggal dunia bernama Prada Agus Kurniawan yang sehari-hari bertugas di Pos Titigi. Agus meninggal setelah mengalami luka tembak di bagian punggung.

Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan mengatakan, aksi saling tembak terjadi pada pukul 11.40 WIT. Namun belum diketahui penyebab dan kronologi terjadinya baku baku tembah yang mengakibatkan korban jiwa tersebut.

Dikutip dari Kompas, Iwan menuturkan, saat ini jenazah Prada Agus Kurniawan sudah berhasil dievakuasi ke Timika menggunakan helikopter milik TNI AU. Awalnya jenazah dievakuasi ke Sugapa. Selanjutnya dibawa ke Timika menggunakan helikopter.

Iwan menambahkan, saat ini anggota Batalyon 400 tengah melakukan pengejaran terhadap KKB yang melakukan penembakan. Namun pengejaran terkendala kondisi medan yang cukup sulit. Selain hutan lebat banyak tebing yang menyulitkan upaya pengejaran terhadap KKB. (yan)