Pelaku Seni Budaya Betawi Difasilitasi Ruang Ekspresinya

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta terus mendukung dan memfasilitasi pelaku seni budaya Betawi dengan menghadirkan ruang-ruang ekspresi baik melalui festival, pementasan, maupun lomba.

Kepala Seksi Pembinaan Kesenian Disparbud DKI Jakarta Rusmantoro mengatakan, pada tahun 2019 akan diselenggarakan 11 festival dan lomba yang bisa diikuti secara individu maupun berkelompok.

“Festival dan lomba itu menjadi salah satu upaya kita untuk membina sanggar-sanggar yang ada di Jakarta,” ujarnya, Senin (11/3).

Rusmantoro merinci, sebelas event yang akan digelar tahun ini yakni Jakarta International Folklore Festival, Jakarta Beat Society, Festival Teater Jakarta, Lomba Karya Cipta Musik Betawi, serta Festival Karya Cipta Lagu Anak Indonesia.

Kemudian Lomba Cipta Cerpen dan Puisi, Pergelaran Kesenian Terpilih, Apresiasi dan Lomba Seni Nuansa Religi, Jakarta Dance Carnival, Pemberdayaan Wadah dan Lembaga Seni di Ruang Publik, serta Festival Bedug.

“Sebelas¬†event¬†itu akan dilaksanakan oleh Bidang Seni Budaya Disparbud DKI. Selain itu, untuk melestarikan seni budaya Betawi juga ada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di masing-masing wilayah,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk memotivasi seluruh penggiat dan pelaku seni budaya Betawi, Disparbud DKI Jakarta berkomitmen untuk memberikan perhatian dan menjaga iklim kondusif lahirnya karya dan kreativitas bernuansa Betawi.

“Tidak hanya memberikan kesempatan untuk tampil dalam festival maupun pementasan, kita juga bersinergi melakukan pembinaan-pembinaan,” tandasnya. (hop)