Kastara.ID, Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok tengah melakukan penanganan longsor di Perumahan Cinere Residence yang terjadi Rabu (9/3) lalu. Saat ini penanganan dilakukan dengan pemasangan bronjong kawat.

“Agar longsor tidak meluas, saat ini Satuan Tugas (Satgas) kami melakukan pemasangan bronjong pada sisi yang longsor di RW 12 Perum Cinere Residence, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok (10/3).

Dikatakannya, longsor yang terjadi memiliki panjang 4 meter dengan ketinggian 2,5 meter. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan pembersihan material longsor.

“Penyebab longsor karena intensitas hujan yang tinggi sehingga struktur tanah dan bebatuan bergerak ke tempat yang lebih rendah. Pekerjaan ini menggunakan anggaran pemeliharaan, tidak ada target. Yang jelas harus sampai selesai,” ungkapnya.

Citra berpesan, kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi beberapa hari ke depan berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Terutama, potensi keretakan tanah yang bisa menimbulkan longsor. (dha)