Bansos

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 4.986 paket bantuan sosial (bansos) didistribusikan ke 15 RW di Kelurahan Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur (10/4). Proses distribusi bantuan berupa paket kebutuhan pokok tersebut dimonitor langsung Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar dan wakilnya Uus Kuswanto.

Kegiatan ini ditandai dengan penyerahan bansos secara simbolis kepada pengurus RW. Oleh para pengurus RW bantuan tersebut langsung disalurkan ke para penerima di rumahnya masing-masing melalui pengurus RT. Ini dilakukan untuk mencegah antrean maupun kerumunan massa.

“Dari total 4.986 paket bantuan sosial untuk Kelurahan Cililitan, pembagiannya dilakukan secara bertahap. Namun pembagiannya kita targetkan dapat tuntas malam ini,” ujar Uus Kuswanto, Wakil Wali Kota Jakarta Timur, di lokasi penyerahan paket bantuan sosial di Kelurahan Cililitan, Jumat (10/4).

Dikatakan Uus, bantuan ini dibagikan kepada warga yang terdampak langsung dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk penanganan pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) di Ibukota. Mereka antara lain yang berprofesi sebagai buruh, pedagang asongan, dan pengemudi ojek online. Diharapkan pemberian bantuan ini dapat membantu mereka memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Camat Kramat Jati Eka Darmawan menambahkan, dari total sebanyak 4.986 paket bantuan sosial untuk warga Kelurahan Cililitan, hingga sore tadi baru terdistribusi sebanyak 611 paket terdiri dari RW 01 sebanyak 283 paket dan RW 02 sebanyak 328 paket.

“Kami sudah berkoordinasi dengan kelurahan serta pengurus RT/RW agar bantuan segera dibagikan kepada warga. Sisanya akan distribusikan secara bertahap,” tandasnya.

Eka memastikan, proses pendistribusian paket bantuan sosial ini akan berjalan dengan baik karena pihaknya telah melakukan pendataan warga sebelumnya.

Adapun paket kebutuhan pokok yang dibagikan masing-masing berisi lima kilogram beras, dua bungkus biskuit, dua pcs masker kain, dua kaleng sarden, 0,9 liter minyak goreng dan dua batang sabun mandi. (hop)