PWI Kota Depok

Kastara.ID, Depok – Wartawan Republika Rusdy Nurdiansyah secara sah telah terpilih menakhodai PWI Kota Depok Periode 2021-2024. Dalam pernyataan tertulisnya, Rusdy menyampaikan terima kasih kepada seluruh rekan wartawan dan stakeholder yang tergabung di Depok Media Center (DMC).

“Saya juga mohon dukungan dan kerja sama yang baik dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan instansi lainnya serta dengan pihak swasta untuk menciptakan kehidupan pers yang profesional, bermanfaat, dan bertanggung jawab,” ungkapnya sesaat setelah menerima amanah sebagai Ketua PWI Kota Depok (10/4).

Seperti diketahui, Rusdy Nurdiansyah berhasil meraih keunggulan suara dalam pemilihan Ketua PWI 2021-2024 dengan mengalahkan rekan sejawatnya, Rahmat Tarmuji (Jurnal Depok), dengan hanya selisih satu suara.

Ucapan selamat pun berdatangan dari berbagai kalangan dengan harapan agar PWI Kota Depok semakin bermartabat dan bermanfaat bagi Kota Depok. Termasuk kandidat Rahmat Tarmuji yang kali ini harus menerima kekalahannya dengan besar hati.

Rahmat dengan besar hati telah menerima Rusdy Nurdiansyah sebagai Ketua PWI periode 2021-2024.

“Sudah jalan Tuhan. Saya menerima hasil pemilihan ini,” tutur Rahmat sebagaimana terungkap dalam catatan Sekretaris SIWO Pusat Suryansyah di WAG DMC. Rahmat mendapat 8 suara, sedangkan Rusdy mengantongi 9 suara. Total 17 anggota PWI Depok punya hak pilih.

“Alhamdulillah, kegiatan konferensi atau pemilihan Ketua PWI Depok periode 2021-2024 selesai. Rusdy wartawan Republika terpilih sebagai ketua,” kata Sekretaris PWI Provinsi Jawa Barat Wawan Ryswana yang hadir didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi Syafrin Zaini.

Komentar lainnya datang dari Sekretaris SIWO Pusat Suryansyah yang dikenal cukup dekat dengan wartawan di Kota Depok.

Menurutnya, menang adalah satu hal. Menghormati pihak yang kalah dan memenangkan hatinya ialah hal lain. Kalah adalah satu soal. Menerima kekalahan dan mengakui kemenangan pihak lain adalah soal lain.

“Rusdy Nurdiansyah dan Rahmat Tarmuji mahfum itu. Kedua kandidat Ketua PWI Kota Depok saling merangkul. Pemandangan itu terhampar setelah pemilihan usai di Balai Rakyat Depok Jaya, Sabtu, 10 April 2021,” ungkap Suryansyah.

Menurut Suryansyah, dalam sebuah pertandingan, menang-kalah hanya sebuah esensi. Kalah dan menang merupakan hal yang biasa terjadi. Meraih kemenangan tentunya menjadi sebuah tujuan dan harapan utama dalam berkompetisi.

Terpenting buat pengurus PWI Kota Depok pimpinan Rusdy Nudiansyah adalah menjaga independensi wartawan. Itu roh wartawan.

Wartawan harus tetap fokus dengan profesi yang digeluti. Wartawan harus serius dalam menjalani pekerjaan yang lebih profesional.

Tugas sebagai wartawan harus independen. Hal itu diatur dalam Undang-Undang Pers. Wartawan menjadi pendobrak dan penyampai kritik kepada penguasa dan selalu menyuarakan suara rakyat. Independensi adalah roh-nya wartawan.

“Selamat Bang Rusdy!” pungkas Suryansyah. (jie)